Pengembangan Kebijakan Satuan Pendidikan Berbasis Data: Meningkatkan Kapasitas Kepala Sekolah yang Responsif terhadap Rapor Pendidikan

Yogyakarta, 17 Juli 2025 — Program Studi Kebijakan Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), mengadakan kegiatan bertajuk “Pengembangan Kebijakan Satuan Pendidikan Berbasis Data: Meningkatkan Kapasitas Kepala Sekolah yang Responsif terhadap Rapor Pendidikan”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 17 Juli 2025, pukul 08.30–12.00 WITA (07.30–11.00 WIB), dengan menghadirkan para pakar dan praktisi kebijakan pendidikan dari Prodi Kebijakan Pendidikan

Acara dibuka secara resmi oleh Muhammad Jufri, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sulawesi Selatan, yang memberikan opening speech mengenai urgensi peningkatan kapasitas kepala sekolah dalam merespons Rapor Pendidikan sebagai instrumen utama dalam perbaikan mutu pendidikan.

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber utama dari Universitas Negeri Yogyakarta, yaitu:

  • Prof. Dr. Mami Hajaroh, M.Pd. (Pakar Evaluasi Kebijakan Pendidikan), yang membawakan materi tentang “Analisis Data Rapor Pendidikan di Tingkat Satuan Pendidikan”;
  • Prof. Dr. Arif Rohman, M.Si. (Pakar Politik Kebijakan Pendidikan), dengan paparan bertema “Inovasi Kebijakan Pendidikan Level Makro, Meso, dan Mikro”;
  • Dr. Riana Nurhayati, M.Pd. (Ahli Penelitian dan Evaluasi Kebijakan Pendidikan), yang membahas “Formulasi Kebijakan Satuan Pendidikan Berbasis Rapor Pendidikan”.

Kegiatan dipandu oleh dua dosen muda Prodi Kebijakan Pendidikan UNY, yaitu Amrih Setyo Raharjo, MPA. sebagai moderator dan Wulan Tri Puji Utami, M.Pd. sebagai master of ceremony (MC), yang memastikan diskusi berlangsung dinamis, interaktif, dan penuh muatan reflektif.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat peran kepala sekolah sebagai agen perubahan di satuan pendidikan, melalui pemanfaatan data Rapor Pendidikan secara strategis dalam merumuskan kebijakan internal sekolah. Peserta yang terdiri dari kepala sekolah, pengawas, dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya di Sulawesi Selatan diharapkan mampu mengadopsi pendekatan berbasis bukti (evidence-based policy) dalam pengambilan keputusan pendidikan.

Prodi Kebijakan Pendidikan UNY terus berkomitmen untuk membangun kapasitas pemimpin pendidikan daerah dalam merancang kebijakan yang partisipatif, kontekstual, dan berbasis data, guna mewujudkan transformasi pendidikan yang lebih inklusif dan berkeadilan.