DIGITAL STORY TELLING SEBAGAI STRATEGI ADVOKASI BAGI SISWA KORBAN BULLYING DI SEKOLAH

Tim Dosen Program Studi Kebijakan Pendidikan yang diketuai oleh Dr. Ariefa Efianingrum, M.Si. melakukan kegiatan penelitian bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta. Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penelitian Digital Story Telling sebagai Strategi Advokasi bagi Siswa Korban Bullying di Sekolah ini diselenggarakan pada Rabu, 9 Juli 2025 di Ruang Kawung Bribil Gedung Wiyata Grha lantai 4 Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta pukul 13.00 sampai dengan pukul 15.00 WIB. Penelitian ini berupa FGD yang diawali dengan sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Yogyakarta, Bapak Budi Santosa Asrori, SE., M.Si. Beliau memberikan refleksi mengenai permasalahan bullying (perundungan) di Kota Yogyakarta yang masih memprihatinkan.

            Kegiatan FGD ini dipandu oleh MC Wulan Tri Puji Utami, M.Pd. dan paparan materi oleh Dr. Ariefa Efianingrum, M.Si. Guru yang hadir pada kegiatan FGD ini adalah guru Bahasa Indonesia dari 11 SMP mitra di Kota Yogyakarta. Dari para guru, digali pengetahuan dan pengalamannya terkait dengan permasalahan perundungan di sekolah masing-masing.  

Melalui kegiatan focus group discussion (FGD), para peserta diajak untuk memahami secara kritis bagaimana perilaku yang dianggap sebagai candaan dapat berubah menjadi tindakan yang melukai perasaan dan merusak keharmonisan sosial di sekolah. Kegiatan ini memberikan gambaran nyata bahwa fenomena perundungan di Kota Yogyakarta memerlukan perhatian serius dari berbagai pihak, terutama institusi pendidikan. Permasalahan ini bukan hanya persoalan perilaku individu, tetapi juga berkaitan dengan budaya komunikasi dan pemahaman moral di lingkungan sosial peserta didik. Kegiatan ini menjadi ruang penting untuk mempertemukan pandangan berbagai pihak agar lahir kesadaran bersama tentang pentingnya membangun etika pergaulan yang berakar pada nilai-nilai lokal yang menjunjung tinggi rasa hormat dan empati. Kegiatan FGD ini dilanjutkan dengan pengumpulan data melalui survey bagi siswa SMP.